Review dan Rekomendasi Anime

Review Gintama "Anime Segala Genre"


Gintama... Gintama... Orang-orang dikalangan AnimeLovers sering menyebut anime satu ini dengan sebutan "Best Anime", "King Parody", atau "Best Comedy Anime Ever".

Bagaimana tidak? Gintama memang sering kali memparody-kan anime lain secara terang-terangan, dibalut comedy yang membuat kalian tertawa berbahak-bahak.
Tidak hanya berfokus di Comedy dan Parody, Gintama berhasil membuat banyak orang termasuk saya terlarut dalam cerita, sedih, haru dan bahkan membuat menangis dalam episode-episode nya.

Sering kali saya ketika marathon / nonton Gintama dibuat 'ketawa-sedih', ketawa-sedih pas lagi sedih-sedihnya dibuat ketawa lagi, pas ketawa dibuat sedih lagi, seringkali saya dibuat seperti ini.

Menurut saya inilah kelebihan gintama yang gak bisa kita bandingkan dengan anime-anime lain, namun kebanyakan di kalangan AnimeLovers masih belum mengenal Gintama, jika mereka kenal pun mereka bilang ini hanya "Anime gakjelas".
sumber gambar: Gintama Fans Indonesia

Memang benar, bahkan saat saya meminta rekomendasi anime di salah satu grup facebook untuk meminta rekomendasi anime comedy, banyak orang yang menyarankan saya untuk menonton Gintama.

Dan saya pun menolak, dengan melihat cover dan sinopsis, pikir saya "yah anime jadul, samurai pula, setting nya di edo pula, kayanya ngebosenin nih".

Gak lama saya iseng-iseng melihat di YouTube dengan kata kunci "Top Funny Scene Gintama", dan aneh nya belum ada beberapa menit saya udah ketawa berbahak-bahak dibuatnya.

Disinilah saya mulai tertarik dengan Gintama, satu per satu episode saya tonton, dan baru di episode satu sudah tertawa saya dibuatnya, walau awalnya saya bingung kenapa tiba-tiba ada alien?

Karena saya tipe orang yang suka menonton anime ataupun film bergenre comedy, jadi saya hiraukan dan melanjutkan untuk melihat episode-episode selanjutnya.

Gintama sangat serius di genre comedy, namun kedepannya perlahan-lahan mulai serius di genre lain, seperti Action atau Drama, untuk Romance sangat jarang disini.

Pada Episode 80an, ada episode yang berhasil membuat saya terharu, sedih dan mengeluarkan air mata, yaitu di episode dimana kakak Okita Sougo datang ke edo untuk pertama kalinya, tepat nya di markas Shinsengumi.

Okita Mitsuba, itulah nama nya dengan tubuh yang lemah dan penyakitnya berhasil membuat episode paling terharu sepanjang episode Gintam (season 1).

Arc Okita Mitsuba ini muncul di episode 86-87 hanya dalam 2 episode, sangat di sayangkan sekali hanya muncul dalam 2 episode, kenapa saya bilang sayang sekali? hanya 2 episode?

Dia meninggal di episode 87 karena penyakitnya yang parah dengan tubuh lemah seperti itu, di Episode 86-87 memang ada sedikit bumbu-bumbu romance nya, karena Mitsuba punya perasaan dengan wakil ketua Shisengumi Hijikata Toushirou.

Namun di episode tersebut, Hijikata sangat dingin kepada Mitsuba dan serius menjalankan misi.

Intinya saya merasa terharu pada episode di Gintama ini pada pertama kali nya
Jika kalian ingin melihat langsung Arc Okita Mitsuba silahkan tonton episode 86-87 dan rasakan sensasi nya.
--------------

Terlepas dari itu semua, Gintama disini sangat sering kali membuat pentonton terharu, ada banyak sekali episode ataupun Arc yang bisa membuat kita terharu maupun sedih karena terlarut dalam cerita.

Untuk Actionnya, sayapun bingung mengungkapkannya karena Action disini sangat mantap, tidak menggunakan jurus-jurus ataupun ngucapin mantra terus gebuk musuh.

Action disini masih bertema 'Samurai', karena Gintama memang anime bertema samurai di zaman Edo.

Ada banyak adegan-adegan menegangkan saat memasuki genre Action, bayangkan wajah konyol tokoh utama nya saat serius.



Terkadang Action nya selalu di balut dengan Comedy dan Parody, sehingga bisa refreshing sebelum memasuki mode serius.

Bagaimana? Masih mau bilang bahwa Gintama "Anime gakjelas"?
--------------


Pengenalan Karakter Tokoh Utama

Sakata Gintoki

Umur: 20-an
Ulang Tahun: 10 Oktober (Libra)
Tinggi: 177 cm
Berat: 65 kg
Kesukaan: permen, alkohol, Shounen Jump, susu strawberry, pachinko
Tidak suka: hantu, hal horor
Kutipan favorit: "Dulu dan sekarangpun, Apapun yang kulindungi takkan pernah berubah!!"
Pekerjaan: Yorozuya
Gintoki adalah samurai yang hidup di era ketika samurai tidak lagi dibutuhkan.

Untuk menambah masalah nya, alien menindas telah pindah untuk menyerang planet bumi.

Gintoki bekerja mengambil pekerjaan sambilan bersama dua anak: Kagura dan Shinpachi.

Dalam perang Joui, ia dikenal sebagai "White Iblis" (Shiroyasha) karena rambut perak dan pakaian putih yang dikenakannya dalam pertempuran, yang dikombinasikan dengan kemampuan mengesankan sebagai pemain pedang, membuatnya terkenal di kalangan rekan-rekannya dan menimbulkan ketakutan di hati para Amanto.

Gintoki memiliki rambut keriting dan berwarna perak, sering menyalahkan rambutnya karena kurang populer di antara para cewek.

Gintoki naksir pada gadis peramal cuaca di acara TV bernama Ketsuno Ana, bahkan sampai saat ini, ia tersipu malu ketika memanfaatkan Sadaharu dan anjing Ketsuno untuk mendapatkan kesempatan berbicara dengannya.

Gintoki memiliki dua obsesi besar dalam hidupnya, ia sangat terbosesi dengan makanan-makanan manis seperti parfaits, es krim dan kue.

Obsesi kedua adalah membaca majalah "Weekly Shonen Jump" (yang bukan kebetulan adalah dimana Gintama diterbitkan).

Obsesi Jump nya membuat ia bermimpi menjadi seperti pahlawan Jump lainnya, termasuk berharap bahwa ia memiliki "Bankai" yang mirip dengan karakter dari Bleach.

Meskipun penampilannya dan perilakunya sangat konyol, Gintoki memiliki kebangganan Bushio sebagai seorang Samurai.
----------


Kagura

Umur: 14
Ulang Tahun: 3 November
Zodiak: Scorpio
Tinggi: 155 cm
Berat: 40 kg
Kagura, yang berarti "dewa-hiburan" adalah anggota dari Yorozuya bersama Sakata Gintoki dan Shinpachi Shimura dan protagonis perempuan utama Gintama.

Walaupun penampilannya seperti itu, namun Kagura adalah ras dari Klan Yato, salah satu yang klan terkuat dan paling haus darah dari ras Amanto.

Klan Yato memiliki kulit yang sangat sensitif terhadap sinar matahari, sehingga Kagura selalu membawa payung nya setiap saat.

Kagura juga memilik nafsu makan yang sangat banyak, sehingga setiap ada makanan selalu dihabiskan oleh Kagura, makanan favorit nya Konbu (acar rumput laut).
----------


 Shimura Shinpachi

Tanggal lahir: 12 Agustus
Zodiak: Leo
Tinggi: 166 cm
Berat: 55 kg
Umur: 16
 Shinpachi Shimura bekerja bersama Gintoki untuk mempelajari cara-cara samurai.

Dia dulu tinggal di dojo keluarganya, namun,  tampaknya lebih seperti dia hanya mencoba membantu Gintoki membayar sewa selain belajar.

Shinpachi adalah kapten "Fans Club Otu-san" klub penggemar pop-penyanyi.

Shinpachi bertemu Gintoki setelah Shinpachi dijegal oleh Duta Besar Planet Chatoran.

Gintoki memukuli duta besar dan para pengawalnya, bukan untuk menyelamatkan Shinpachi, tapi untuk membalas dendam untuk parfait nya yang tumpah.

Meskipun penampilannya lemah lembut nya, Shinpachi lebih dikatakan seperti karakter yang selalu ceria dan pelengkap dari anime Gintama.
---------


Penilaian

Story: 9/10
Art: 10/10
Sound: 10/10
Characters: 9/10
Enjoyment: 10/10
Result: 10/10